Strategi Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat


Dalam memulai sebuah usaha tentulah perlu sebuah pertimbangan yang memang mesti benar-benar harus diputuskan terutama dalam harus menentukan tempat atau lokasi dimana usaha kita akan beroperasi. dalam hal inilah yang memang selalu menjadi sebuah pertimbangan yang amat serius yang selalu dilakukan oleh para pelaku bisnis pada umumnya. karena sebuah lokasi usaha merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan sukses atau tidaknya usaha yang akan kita jalankan.
Ada bebrapa faktor yang akan menjadi bahan pertimbangan dimana kita akan menentukan tempat atau lokasi usaha. berikut adalah Strategi Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat.

1. Kepadatan Penduduk
Tingkat kepadatan penduduk suatu wilayah memang yang paling penting untuk diperhatikan, karena semakin tinggi suatu populasi atau kepadan penduduk pada suatu wilayah, maka akan semakin besar pula potensi pasar sebuah usaha. mungkin anda bisa bandingkan berapa omset yang dihasilkan antara lokasi usaha yang berada pada wilayah yang jumlah populasi penduduknya sangat besar dengan jumlah populasi penduduk yang kecil seperti halnya membandingkan antara populasi pada daerah pedesaan dengan perkotaan.

2. Tingkat Keramaian
Suatu daerah yang tingkat keramaianya sangat tinggi memang selalu menjadi sasaran empuk bagi para pelaku usaha untuk dijadikan sebuah lokasi usaha. misalnya seperti pada daerah perkantoran, perkuliahan, daerah rekreasi atau suatu wilayah dengan tingkat lalu-lintas kedaraan atau pejalan kaki yang sangat padat.

3. Tingkat Pendapatan Penduduk
Tingginya pendapatan penduduk pada suatu wilayah tertentu memang sangat berpengaruh terhadap sebuah usaha, karena dengan tingkat pendapat penduduknya yang tinggi juga akan berpengaruh terhadap daya beli konsumen. sehingga semakin tinggi daya beli konsumen maka akan semakin tinggi pula kelangsungan hidup usaha kita.

4. Keamanan
Kenyaman konsumen memang salah satu yang harus kita kedepankan, sehingga paktor keamanan dalam suatu lokasi usahapun perlu diperhatikan.

5. Kompetitor
Dalam dunia usaha, persaingan dalam bisnis memang sebuah hal yang lumrah, Sebenarnya untuk mengatasi hal yang satu ini, tentunya kita harus bisa meningkatkan kualitas yang kita miliki baik itu dari segi kualitas produk ataupun kualitas pelayanan, sehingga kita harus mempunyai salah satu daya tarik tersendiri yang orang lain tidak punya. karena semakin tinggi kualitas yang kita miliki, maka akan semakin tinggi pula daya tarik usaha yang kita miliki dimata konsumen.  

Sebagai seorang pengusaha kita haruslah pintar dan jeli dalam memilih sebuah lokasi usaha, karena lokasi usaha akan sangat berpengaruh besar terhadap sukses atau tidaknya usaha yang kita miliki.


Related Posts:

Comments
0 Comments