8 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan


Kopi merupakan jenis minuman yang memang paling terkenal umumnya di indonesia, ada banyak jenis kopi yang paling terkenal di indonesia seperti kopi lampung, kopi litong di sumatra utara dan kopi luwak yang merupakan kopi paling mahal di dunia. namun yang terpenting yaitu kopi dapat memberikan manfaat terutama bagi kesehatan, tetapi itu tergantung seberapa banyak kita mengkonsumsi kopi setiap hari, karena apabila terlalu banyak itu juga kurang baik dan akan menimbulkan efek samping seperti misalnya insomnia dll.
Kandungan dalam kopi tenyata terdapat antioksidan dan nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. nah, untuk lebih jelasnya mengenai manfaat yang terkandung dalam kopi, berikut adalah 8 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan.

1. Meningkatkan Energi
Kandungan kafein dalam kopi ternyata dapat meningkatkan energi dalam tubuh kita sehingga setelah meminum kopi maka badan akan terasa sangat segar dan bersemangat untuk melakukan aktifitas.

2. Melindungi Jantung
Peminum kopi yang mengonsumsi 1-2 cangkir kopi hitam per hari memiliki risiko terkena stroke lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Hal ini disebabkan oleh adanya antioksidan yang terkandung dalam kopi. Kopi memiliki kandungan antioksidan lebih banyak dan Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri. Sehingga sesaat setelah meminumnya, kopi dapat meningkatkan tekanan pada darah dan denyut jantung. Namun setelah beberapa lama, kopi justru menurunkan tekanan darah, karena antioksidan pada kopi mengaktifkan asam nitrat pada tubuh sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah.

3. Melawan Depresi
Stres bisa jadi akan menimbulkan masalah, sehingga karena stres maka akan berakibat pada depresi. dalam hal ini, Kandungan kopi dapat membantu meminimalisir depresi. Bagi yang mengkonsumsi kopi akan mengurangi 10 persen depresi dari pada mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Meskipun kandungan kafein terdapat pada soda, akan tetapi penelitian ini tidak menemukan hubungan antara minuman soda dengan penurunan depresi dikarenakan kandungan gula yang terlalu tinggi. Sehingga untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat kopi sebaiknya kurangi kandungan gula yang berelebih.

4. Mencegah Diabetes
Menurut beberapa penelitian,  tenyata menunjukan bahwa minum kopi dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Hal ini mungkin disebabkan oleh chlorogenic acid dalam kopi yang telah terbukti untuk memperlambat penyerapan gula dalam saluran pencernaan. chlorogenic acid juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Membantu Meredakan Sakit Kepala
Minum kopi atau kandunga kafein yang tedapat dalam kopi ternyata juga dapat membantu meringankan rasa sakit pada kepala. 

6. Menjaga Hati
Kandunga antioksidan dan kafein yang terdapat dalam kopi ternyata  juga bisa meminimalkan risiko munculnya sirosis dan penyakit hati lainnya. dalam beberapa penelitian menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hari sebanyak 43%. Hal ini karenakan terdapat kadungan antioksidan dan kafein di dalam kopi.

7. Meningkatkan Kekuatan Otak
Setelah anda meminum kopi, bahwa kandungan kafein yang terdapat dalam kopi maka akan diserap ke dalam aliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak. beberapa penelitian menunjukan kopi dapan meningkatkan berbagi asfek penting dalam fungsi otak yang dapat membantu otak untuk bekerja lebih maksimal dan lebih baik.

8. Membantu Membakar Lemak
Kafein yang terdapat dalam kopi merupakan zat alami yang dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh. beberapa penelitian menunjukan bahwa kafein dapat meningatkan metabolisme dalam tubuh dan kafein secara khusus akan menikatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Sudahkah anda Minum Kopi hari ini ??????


Related Posts:

Comments
0 Comments