Cara Mengobati Gatal Pada Selangkangan

Cara Mengobati Gatal Pada Selangkangan

Setelah beraktivitas seharian, terkadang kita sering lupa untuk bersih-bersih atau menyempatkan untuk mandi. sehingga mengakibatkan keringat pada pakaian menempel dan memicu timbulnya kuman atupun bakteri yang dapat menyebabkan gatal pada bagian kulit.

Akibatnya saat gatal menyerang, maka secara tidak langsung kita lantas menggaruk pada bagian kulit yang gatal tersebut. biasanya daerah yang rentan terkena jamur yang mengakibatkan gatal-gatal yaitu rata-rata pada bagian selangkangan atau daerah sekitar kemaluan.

Sebaiknya untuk mencegah jamur semakin menjalar, segera lakukan pengobatan pada kulit yang terkena jamur. ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati gatal pada selangkangan. berikut adalah ulasanya.

1. Obat antijamur
Obat anti jamur merupakan solusi yang banyak disarankan oleh dokter. Obat tersebut bisa berupa salep maupun obat minum. Ketokonazol dan mikonazol merupakan salep antijamur yang dapat mengatasi gatal pada selangkangan. Untuk mendapatkan obat salep tersebut anda dapat membelinya di apotik, namun untuk obat minum disarankan berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu.

2. Menggunakan bedak antijamur
Bedak yang mengandung asam salisilat merupakan solusi selanjutnya. Bedak ini mempunyai khasiat untuk mendinginkan kulit sehingga mengurangi rasa gatal tersebut. Sehingga rasa ingin menggaruk kulit selangkangan akan berkurang dan proses penyembuhan pun akan lebih cepat.

3. Mengeringkan selangkangan
Cara ini dapat anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Mengingat kulit lembab merupakan salah satu penyebab tumbuhnya jamur maka usahakan untuk mengeringkan kulit selangkangan setiap saat, termasuk setelah anda mandi.

4. Hindari pemakaian celana ketat
Jika selangkangan anda sudah gatal mulailah untuk meninggalkan pakaian dalam atau celana yang ketat. Celana seperti ini mudah sekali bergesekan dengan kulit, selain itu juga dapat menyebabkan kulit panas dan lembab.

5. Jangan menggaruk kulit
Menggaruk kulit secara berlebihan justru akan memperparah kondisi, kulit lecet serta iritasi merupakan salah satunya. Oleh sebab itu pastikan anda tidak menggaruk kulit selangkangan yang gatal. Untuk menghilangkan rasa gatal tersebut anda dapat menggunakan bedak yang sudah saya sebutkan pada cara nomor 2 diatas.

6. Mengganti pakaian dalam secara rutin
Hal ini bisanya yang sering dilupakan, padahal ini sangat penting karena menyangkut kebersihan kulit selangkangan anda. Pakaian dalam yang kotor tentunya akan menghasilkan kuman serta bakteri yang dapat memperparah kondisi.

7. Mandi setelah beraktifitas
Mengeringkan kulit selangkangan memang penting, namun apabila kulit selangkangan berkeringat setelah beraktifitas jangan langsung dikeringkan. Ada baiknya anda menyempatkan mandi terlebih dulu baru mengeringkan kulit bagian tersebut.


Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Mengobati Gatal Pada Selangkangan"

Posting Komentar