Manfaat Game Bagi Kecerdasan Otak


Siapa bilang bermain game itu kebiasaan yang tidak ada gunanya, Bagi sesorang yang memang belum begitu tahu tentang sebuah game, mungkin itu wajar saja. namun tidak semua permainan game itu selalu berdampak pada hal yang negatif, tetapi faktanya ada sebuah manfaat yang memang dapat kita rasakan dari hasil bermain game.

Secara pemahaman luas, memang ada kencenderungan anggapan yang mengklaim bahwa terlalu banyak bermain game itu hanya buang-buang waktu atau lebih ke faktor kemalasan yang mengakibatkan seseorang menjadi tidak mau untuk melakukan suatu hal dikarenakan terlalu asik bermain game. namun uniknya, ada manfaat yang memang dapat dihasilkan dari bermain game terutama pada masalah kecerdasan otak.

Tidak hanya itu, bermain game juga akan mengurangi terjadinya depresi yang diakibatkan karena stress, sehingga untuk menenangkan keadaan, sesorang lebih cenderung untuk bermain sebuah game untuk menghilangkan stress.

Game memang memiliki cakupan yang sangat luas, baik itu dari kalangan anak-anak, dewasa, orang tua, semua suka bermain game. berikut adalah Manfaat Game Bagi Kecerdasan Otak.

1. Meningkatkan keterampilan strategi
Bermain game akan mengajarkan otak untuk berpikir cerdas terutama untuk menaklukkan lawan. kita akan dituntut untuk berpikir kreatif dalam perencanaan maupun strategi untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan. dengan ini akan membuat otak kita jauh lebih tajam serta pintar dalam menyusun strategi yang berguna untuk menyesaikan masalah dalam kehidupan nyata.

2. Meningkatkan keterampilan
Seorang pemain game sejatian mengingat detil-detil penting dari game yang dimainkannya, mereka juga akan memperbaiki catatan waktu atau rekor yang mereka buat dalam suatu game setiap waktu. Suatu penelitian dari Universitas Rochester menemukan bahwa bermain game dapat meningkatkan presepsi dan keterampilan seseorang.

3. Mengajarkan kerja sama tim
Ada banyak game yang melibatkan banyak pemain (multi-player) yang mengharuskan para pemain bekerja sama dalam sebuah tim untuk mengalahkan tim lain. Jika ingin sukses dan menang, maka kita dituntut untuk memahami konsep kerja sama tim. Dengan demikian, kita nantinya akan dapat belajar untuk bekerja sama secara terkoordinasi untuk melaksanakan sejumlah misi tertentu dan mencapai tujuan akhir.
 
4. Mengatasi depresi
Bermain game dapat mengatasi depresi yang Anda alami, game mangaktifkan sistem syaraf parasimpatis yang dapat mengurangi tekanan yang menimbulkan stres pada diri Anda. 

5. Menumbuhkan ide-ide baru
Susahnya level tinggi di suatu game membuat pemain harus memeras otaknya. Pemain yang sudah sering bermain game itu biasanya tau strategi tersimpel untuk bisa menaklukkan level yang susah itu.

Kebiasaan menyusun strategi bisa menumbuhkan ide-ide di luar dugaan ketika mengalami saat-saat darurat dalam kehidupan yang sebenarnya.


Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "Manfaat Game Bagi Kecerdasan Otak"

Posting Komentar